Sabtu, 02 April 2016

Pengaruh bahasa alay terhadap ucapan dan perilaku siswa”



BAB I
Pendahuluan
v    Latar Belakang Masalah
Bahasa alay adalah bahasa untuk menguji kemampuan siswa dalam mencari ke populeran di lingkungan sekolah, dalam penggunaan bahasa alay ini ada sesuatu hal yang berbeda dalam perilaku mereka. Dengan bahasa alay itu mereka dengan mudahnya menganggap bahwa diri mereka itu gaul (populer).

Dalam setiap pengucapan kosa kata mungkin mereka merasa nyaman, entah bagaimana dan dari mana mereka menggunakan bahasa seperti itu, atau adakah tujuan tertentu dalam penggunaan bahasa alay itu selain untuk mencari ke populeran.

Dalam pengucapan atau mengubah kosa kata dalam bahasa,mereka telah menguasai segala mengubah bahasa ,sehingga  mereka dengan mudahnya mengucapkan dan mengubah kosa kata ,jadi sesuatu hal yang menurut mereka itu keren ,gaul dan modern ,mungkin sebagian siswa tidak peduli dengan orang lain yang merasa dengan adanya penggunaan bahasa alay membuat perubahan bagi dirinya seperti perubahan ucapan dan perilaku siswa, untuk itu maka kami bermaksud untuk mengadakan penelitian yang berjudul.
“Pengaruh bahasa alay terhadap ucapan dan perilaku siswa”
v Rumusan Masalah
“Sejauh manakah pengaruh bahasa alay terhadap perilaku siswa ?”
v Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan bahasa alay?
2. Untuk mengetahuibahasa alay apa saja yang pernah mereka gunakan?
3. Untuk mengetahui ucapan dan perilaku siswa !
v Batasan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan bahasa alay ?
2. Apa saja bahas alay yang sering di gunakan oleh siswa?
3. Apa yang mereka rasakan setelah menggunakan bahasa alay?
4. Apa yang mendasari mereka menggunkan bahasa alay?
5. Apa yang dimaksud dengan ucapan danperilaku siswa?
6. Ucapan dan perilaku yang seharus nya digunakan siswa?
7. Bagaimana pengaruh bahasa alay terhadap ucapan dan perilku siswa?
v Tujuan Penelitian
1.   Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan bahasa alay ?
2.   Untuk mengetahui bahasa alay apa saja yang pernah mereka gunakan ?
3.   Untuk mengetahui ucapan dan perilaku siswa ?

BAB II
LANDASAN TEORI
Berdasarkan penelitian mengapa digunakannya bahasa alay? Karena untuk mencari kepopuleran seorang siswa. Alay di kononkan sebagai kepanjangan dari anak layangan atau anak alay.
2.1 Pengertian Bahasa Alay
Bahasa alay adalah serangkayan kata atau kosa kata yang di ubah oleh sebagian siswa.
Ø Menurut Wikipedia
Bahasa alay adalah sekelompok minoritas yang mempunyai karakteristik yang unik, dimana penampilan dan bahasa yang mereka gunakan terkadang menyilaukan mata dan menyakitkan telinga bagi mayoritas yang tidak terbiasa bersosialisasi denganya.
2.2  Pengertian Ucapan
Ucapan adalah suatu kata yang di ucapkan oleh siswa.
Ø Menurut kamus besar Bahasa Indonesia
Ucapan adalah kata yang di ucapkan, “pengucapan” yaitu orang yang mengucapkan dan memakai bahasa.
2.3 Pengertian perilaku siswa
Perilaku siswa adalah sikap dan tingkah laku yang dilakukan oleh siswa .
Ø Menurut kamus besar Bahasa Indonesia
Perilaku siswa adalah tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan
Ø Menurut para ahli”Guthrie
Perilaku siswa adalah merupakan deretan–deretan tingkah laku yang terdiri atas unit-unit respon atas rangsangan terjadi sebelumnya dan menjadi rangsangan berikutnya.
2.4 Ucapan dan perilaku yang harus di gunakan siswa
Ucapan dan perilaku yang harus di gunakan siswa yaitu ucapan dan perilaku yang baik, sopan, dan santun. Dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Menggunakan bahasa yang baik, dan berperilaku sebagaimana mestinya seorang pelajar.
BAB III
3.1    Lokasi penelitian
Lokasi penelitian kami lakukan di lingkungan sekolah  SMA N #######
3.2    Pengertian populasi dan sampel
Ø Populasi
        Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang berada pada wilayah tertentu  dan pada waktu yang tertentu pula, serta kumpulan unit-unit elemen atau hal yang menjadi salah satu sumber yang dimana sampel tersebut harus memiliki syarat tertentu yang berkaitan dengan masalah penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA dan XI IIS SMAN ######. Dengan rencana tersebut.
No
KELAS
JUMLAH SISWA
1
X MIA 1
40 siswa
2
             2
41 siswa
3
             3
43 siswa
4
             4
42 siswa
5
             5
44 siswa
6
XI IIS 1
38 siswa
7
           2
37 siswa
8
           3
38 siswa
9
           4
36 siswa
Jumlah
359 siswa

Ø sampel
sample adalah bagian dari populasi yang d ambil dari populasi dan dipergunakan untuk penelitian dan sifat penelitian itu mewakili karakter populasi yang di ambil dari sampel tersebut sebagai subjek penelitian.
Sampel penelitian sebanyak :
15 % x 359 siswa = 54 siswa
3.3    teknik pengumpulan data
kami menggunakan pendekatan kualitatif.
3.4    sumber data
kami menggunakan hasil angket.
BAB IV
Ø Hasil penelitian
Dari hasil penelitian angket yang kami sebar keseluruhan siswa siswi kelas X IPA / XI IPS. Kami dapat menyimpulkan hasil dari penelitian mengenai
“PENGARUH BAHASA ALAY TERHADAP UCAPAN dan PERILAKU SISWA”. Melalui tabel dan uraian di bawah ini :

1.   Apakah kalian mengenal bahasa alay ?
kategori
frekuensi
Presentase
Ya
48
88,9 %
Tidak
6
11,1 %
2.   Apakah bahasa alay membuat diri anda menjadi gaul ?
kategori
frekuensi
Presentase
Ya
9
16,7 %
Tidak
45
83,3 %
3.   Perlukah penguasaan materi dalam mengucapkan bahasa alay?
kategori
Frekuensi
Presentase
Ya
7
13 %
Tidak
47
87 %
4.   Adakah tujuan tertentu sehingga anda menggunakan bahasa alay ?
kategori
Frekuensi
Presentase
Ya
22
40,74 %
Tidak
32
59,26 %

5.   Apakah anda menggunakan bahasa alay setiap harinya?
kategori
Frekuensi
Presentase
Ya
5
9,25 %
Tidak
49
90,75 %
6.   Bahasa alay apa saja yang  sering anda gunakan ? sebutkan
Dari beberapa jawaban siswa siswai bahasa alay yang sering mereka gunakan adalah “binggaw,Oemgi hellowww, dan tijel . 
7.   Apa saja yang mendasari anda menggunakan bahasa alay ?
Menurut siswa siswi yang mendasari mereka menggunakan bahasa alay adalah bukan lain yaitu karena teman sendiri dan faktor lingkungan .
8.   Apakah anda merasa gaul setelah mengucapkan bahasa alay ? jelaskan
Siswa  siswi menyatakan bahwa bahasa alay tidak membuat mereka menjadi seorang yang gaul, karena menurut mereka gaul itu tidak harus alay dan sebaliknya alay bukan berarti gaul.
9.   Menurut anda ucapan dan perilaku yang seperti apa yang  seharusnya dilakukan oleh anda sebagai pelajar ?
Menurut para siswa/siswi ucapan dan perilaku yang seharusnya digunakan oleh siswa adalah dengan ucapan dan perilaku yang sopan, berperilaku layaknya seorang pelajar dan menggunakan bahasa yang baik.
10. Adakah dampak positif dan negatif terhadap ucapan anda setelah menggunakan bahasa alay ? jelaskan
Dampak positif bahasa alay menurut para siswa/siswi ialah mereka beranggapan bahasa alay hanya sebuah lelucon dan hanya untuk hiburan semata.
Dampak negatif bahasa alay menurut siswa/siswi mereka beranggapan bahwa pengucapan bahasa alay membuat mereka dikomplen dan dikomentar oleh teman mereka sendiri.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
       Bahasa alay membuat beberapa siswa siswi menjadi alay untuk mengejar suatu tujuan yang memuaskan.dan hal itu telah mereka anggap biasa dan menganggap itu hanya hiburan semata.
5.2 Saran
        Jangan jadikan bahasa alay menjadi ajang mencari sensasi atau menjadi gaul,karena benar gaul itu tidak harus alay dan alay bukan berarti gaul dan janganlah kalian membiasakan penggunaan bahasa alay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar