BAB I
Pendahuluan
v
Latar Belakang Masalah
Bahasa alay adalah bahasa
untuk menguji kemampuan siswa dalam mencari ke populeran di lingkungan sekolah,
dalam penggunaan bahasa alay ini ada sesuatu hal yang berbeda dalam perilaku
mereka. Dengan bahasa alay itu mereka dengan mudahnya menganggap bahwa diri
mereka itu gaul (populer).
Dalam setiap pengucapan kosa
kata mungkin mereka merasa nyaman, entah bagaimana dan dari mana mereka
menggunakan bahasa seperti itu, atau adakah tujuan tertentu dalam penggunaan
bahasa alay itu selain untuk mencari ke populeran.
Dalam
pengucapan atau mengubah kosa kata dalam bahasa,mereka telah menguasai segala
mengubah bahasa ,sehingga mereka dengan
mudahnya mengucapkan dan mengubah kosa kata ,jadi sesuatu hal yang menurut mereka
itu keren ,gaul dan modern ,mungkin sebagian siswa tidak peduli dengan orang
lain yang merasa dengan adanya penggunaan bahasa alay membuat perubahan bagi
dirinya seperti perubahan ucapan dan perilaku siswa, untuk itu maka kami
bermaksud untuk mengadakan penelitian yang berjudul.
“Pengaruh bahasa alay terhadap
ucapan dan perilaku siswa”
v
Rumusan
Masalah
“Sejauh manakah pengaruh bahasa
alay terhadap perilaku siswa ?”
v Tujuan
Penelitian
1. Untuk
mengetahui apa yang di maksud dengan bahasa alay?
2. Untuk
mengetahuibahasa alay apa saja yang pernah mereka gunakan?
3. Untuk
mengetahui ucapan dan perilaku siswa !
v Batasan
Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan bahasa alay ?
2. Apa
saja bahas alay yang sering di gunakan oleh siswa?
3. Apa
yang mereka rasakan setelah menggunakan bahasa alay?
4. Apa
yang mendasari mereka menggunkan bahasa alay?
5. Apa
yang dimaksud dengan ucapan danperilaku siswa?
6. Ucapan
dan perilaku yang seharus nya digunakan siswa?
7. Bagaimana
pengaruh bahasa alay terhadap ucapan dan perilku siswa?
v Tujuan
Penelitian
1.
Untuk mengetahui apa yang dimaksud
dengan bahasa alay ?
2.
Untuk mengetahui bahasa alay apa
saja yang pernah mereka gunakan ?
3.
Untuk mengetahui ucapan dan
perilaku siswa ?
BAB II
LANDASAN
TEORI
Berdasarkan
penelitian mengapa digunakannya bahasa alay? Karena untuk mencari kepopuleran
seorang siswa. Alay di kononkan sebagai kepanjangan dari anak layangan atau
anak alay.
2.1 Pengertian Bahasa Alay
Bahasa
alay adalah serangkayan kata atau kosa kata yang di ubah oleh sebagian siswa.
Ø
Menurut
Wikipedia
Bahasa
alay adalah sekelompok minoritas yang mempunyai karakteristik yang unik, dimana
penampilan dan bahasa yang mereka gunakan terkadang menyilaukan mata dan
menyakitkan telinga bagi mayoritas yang tidak terbiasa bersosialisasi denganya.
2.2
Pengertian Ucapan
Ucapan
adalah suatu kata yang di ucapkan oleh siswa.
Ø Menurut kamus besar Bahasa Indonesia
Ucapan
adalah kata yang di ucapkan, “pengucapan” yaitu orang yang mengucapkan dan
memakai bahasa.
2.3
Pengertian perilaku siswa
Perilaku
siswa adalah sikap dan tingkah laku yang dilakukan oleh siswa .
Ø Menurut kamus besar Bahasa Indonesia
Perilaku
siswa adalah tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan
Ø Menurut para ahli”Guthrie”
Perilaku
siswa adalah merupakan deretan–deretan tingkah laku yang terdiri atas unit-unit
respon atas rangsangan terjadi sebelumnya dan menjadi rangsangan berikutnya.
2.4
Ucapan dan perilaku yang harus di gunakan siswa
Ucapan
dan perilaku yang harus di gunakan siswa yaitu ucapan dan perilaku yang baik,
sopan, dan santun. Dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Menggunakan
bahasa yang baik, dan berperilaku sebagaimana mestinya seorang pelajar.
BAB III
3.1
Lokasi
penelitian
Lokasi
penelitian kami lakukan di lingkungan sekolah
SMA N #######
3.2
Pengertian
populasi dan sampel
Ø Populasi
Populasi adalah kumpulan individu
sejenis yang berada pada wilayah tertentu
dan pada waktu yang tertentu pula, serta kumpulan unit-unit elemen atau
hal yang menjadi salah satu sumber yang dimana sampel tersebut harus memiliki
syarat tertentu yang berkaitan dengan masalah penelitian. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA dan XI IIS SMAN ######. Dengan rencana
tersebut.
No
|
KELAS
|
JUMLAH SISWA
|
1
|
X
MIA 1
|
40
siswa
|
2
|
2
|
41
siswa
|
3
|
3
|
43
siswa
|
4
|
4
|
42
siswa
|
5
|
5
|
44
siswa
|
6
|
XI IIS 1
|
38
siswa
|
7
|
2
|
37 siswa
|
8
|
3
|
38 siswa
|
9
|
4
|
36 siswa
|
Jumlah
|
359
siswa
|
Ø sampel
sample
adalah bagian dari populasi yang d ambil dari populasi dan dipergunakan untuk
penelitian dan sifat penelitian itu mewakili karakter populasi yang di ambil
dari sampel tersebut sebagai subjek penelitian.
Sampel
penelitian sebanyak :
15 % x 359
siswa = 54 siswa
3.3
teknik pengumpulan
data
kami
menggunakan pendekatan kualitatif.
3.4
sumber data
kami menggunakan
hasil angket.
BAB
IV
Ø Hasil
penelitian
Dari
hasil penelitian angket yang kami sebar keseluruhan siswa siswi kelas X IPA /
XI IPS. Kami dapat menyimpulkan hasil dari penelitian mengenai
“PENGARUH
BAHASA ALAY TERHADAP UCAPAN dan PERILAKU SISWA”. Melalui tabel dan uraian di
bawah ini :
1.
Apakah kalian
mengenal bahasa alay ?
kategori
|
frekuensi
|
Presentase
|
Ya
|
48
|
88,9 %
|
Tidak
|
6
|
11,1 %
|
2.
Apakah bahasa alay
membuat diri anda menjadi gaul ?
kategori
|
frekuensi
|
Presentase
|
Ya
|
9
|
16,7 %
|
Tidak
|
45
|
83,3 %
|
3.
Perlukah
penguasaan materi dalam mengucapkan bahasa alay?
kategori
|
Frekuensi
|
Presentase
|
Ya
|
7
|
13 %
|
Tidak
|
47
|
87 %
|
4.
Adakah tujuan
tertentu sehingga anda menggunakan bahasa alay ?
kategori
|
Frekuensi
|
Presentase
|
Ya
|
22
|
40,74 %
|
Tidak
|
32
|
59,26 %
|
5.
Apakah anda
menggunakan bahasa alay setiap harinya?
kategori
|
Frekuensi
|
Presentase
|
Ya
|
5
|
9,25 %
|
Tidak
|
49
|
90,75 %
|
6.
Bahasa alay apa
saja yang sering anda gunakan ? sebutkan
Dari
beberapa jawaban siswa siswai bahasa alay yang sering mereka gunakan adalah
“binggaw,Oemgi hellowww, dan tijel .
7.
Apa saja yang
mendasari anda menggunakan bahasa alay ?
Menurut
siswa siswi yang mendasari mereka menggunakan bahasa alay adalah bukan lain
yaitu karena teman sendiri dan faktor lingkungan .
8.
Apakah anda merasa
gaul setelah mengucapkan bahasa alay ? jelaskan
Siswa siswi menyatakan bahwa bahasa alay tidak
membuat mereka menjadi seorang yang gaul, karena menurut mereka gaul itu tidak
harus alay dan sebaliknya alay bukan berarti gaul.
9.
Menurut anda
ucapan dan perilaku yang seperti apa yang
seharusnya dilakukan oleh anda sebagai pelajar ?
Menurut
para siswa/siswi ucapan dan perilaku yang seharusnya digunakan oleh siswa
adalah dengan ucapan dan perilaku yang sopan, berperilaku layaknya seorang
pelajar dan menggunakan bahasa yang baik.
10. Adakah
dampak positif dan negatif terhadap ucapan anda setelah menggunakan bahasa alay
? jelaskan
Dampak
positif bahasa alay menurut para siswa/siswi ialah mereka beranggapan bahasa
alay hanya sebuah lelucon dan hanya untuk hiburan semata.
Dampak
negatif bahasa alay menurut siswa/siswi mereka beranggapan bahwa pengucapan
bahasa alay membuat mereka dikomplen dan dikomentar oleh teman mereka sendiri.
BAB
V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1
Kesimpulan
Bahasa alay membuat beberapa siswa siswi
menjadi alay untuk mengejar suatu tujuan yang memuaskan.dan hal itu telah
mereka anggap biasa dan menganggap itu hanya hiburan semata.
5.2
Saran
Jangan jadikan bahasa alay menjadi ajang
mencari sensasi atau menjadi gaul,karena benar gaul itu tidak harus alay dan
alay bukan berarti gaul dan janganlah kalian membiasakan penggunaan bahasa
alay.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar